7 Tips Sederhana Untuk Mencegah Pencurian Identitas dan Data Transaksi

Teknologi telah membuat hidup menjadi luar biasa bagi semua orang karena membuat operasi sehari-hari kita mudah dikelola. Terlepas dari manfaat luar biasa yang diberikan teknologi kepada semua orang, individu yang tidak bermoral seperti peretas telah menemukan cara untuk menggunakan teknologi dalam merampok orang yang tidak menaruh curiga dari uang hasil jerih payah mereka. Pencurian identitas telah menjadi masalah serius terutama jika Anda sangat aktif di web atau Anda melakukan banyak transaksi keuangan online.

Saat ini banyak situs web memaksa Anda untuk membocorkan detail keuangan Anda dalam upaya untuk membuat transaksi keuangan atau proses pembayaran Anda bebas repot atau lebih mulus. Tapi kemudian, Anda bisa memberikan rincian keuangan pribadi Anda tanpa sadar ke situs palsu atau jahat. Ini benar-benar dapat mengeja malapetaka bagi keuangan Anda.

Selain Anda kehilangan dana karena pelanggaran data privasi Anda, identitas Anda sebenarnya dapat dicuri dan kemudian digunakan untuk melakukan kejahatan yang dapat membuat Anda bermasalah dengan hukum serta merusak reputasi Anda. Terlepas dari semua ancaman yang berlimpah secara online, itu tidak berarti Anda harus menghindari penggunaan internet di tempat lain untuk mengurangi risiko dan pencurian identitas Anda. Namun demikian, ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi kemungkinan identitas Anda dicuri.

Lindungi dan amankan nomor identifikasi Anda

Nomor jaminan sosial Anda adalah nomor identifikasi Anda yang membantu pemerintah memberikan layanan jaminan sosial kepada warganya. Seorang penjahat dapat menggunakan nomor jaminan sosial Anda untuk mengakses informasi penting dan catatan keuangan rahasia, yang dapat mereka gunakan untuk merusak keuangan Anda serta merusak reputasi Anda. Untuk mencegah masalah ini, atau setidaknya mengurangi risiko ini, jangan berpindah-pindah dengan kartu nomor jaminan sosial Anda. Cobalah sebanyak mungkin untuk menghafal angka-angka jika Anda bisa. Dan jika seseorang atau situs web meminta Anda untuk mengungkapkan atau membocorkan nomor jaminan sosial Anda, cobalah untuk mengetahui alasan mengapa mereka membutuhkan informasi tersebut. Jangan terburu-buru mengungkapkan informasi ini.

Perhatikan email Anda

Banyak orang tidak memperhatikan kotak surat mereka yang merupakan hal yang sembrono untuk dilakukan. Banyak orang tidak menyadari betapa banyak informasi pribadi yang dapat diperoleh penipu dari surat mereka, terutama jika tidak diamankan. Satu penyadapan yang tidak menguntungkan dari detail identifikasi Anda dapat digunakan untuk mencuri dan merusak reputasi Anda. Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pos AS jika Anda merasa penyedia layanan surat Anda saat ini tidak aman. Kotak surat layanan pos AS sangat aman karena memungkinkan Anda untuk mengunci dan mengamankan kotak surat Anda. Anda dapat memilih pengiriman informasi yang membantu untuk mengingatkan Anda tentang surat masuk dan kemudian memberi Anda kesempatan untuk mengawasi surat masuk Anda.

Cobalah untuk membatasi jumlah informasi yang Anda ungkapkan

Dengan munculnya media sosial, semakin sulit bagi kami untuk membatasi atau membatasi jumlah informasi yang kami bagikan. Kami sering merasakan dorongan untuk memamerkan gaya hidup dan pencapaian kami kepada teman-teman kami, tetapi kemudian, ada penjahat dan peretas yang mengintai di web yang mengawasi informasi Anda dan kejadian di sekitar Anda. Mereka bisa mendapatkan informasi sebanyak yang mereka inginkan tentang Anda dari profil media sosial Anda untuk mencuri identitas Anda. Faktanya, beberapa peretas dan individu penipu ini mencuri identitas atau profil Anda dan kemudian menggunakan informasi Anda untuk mendekati teman dan pengikut media sosial Anda untuk memeras mereka. Berhati-hatilah dengan jenis informasi yang Anda bagikan, terutama di media sosial.

Tangguhkan kartu kredit dan debit Anda jika Anda tidak menggunakannya

Pencurian informasi kartu kredit telah menjadi begitu merajalela akhir-akhir ini sehingga kebanyakan orang diretas atau ditipu oleh penjahat yang sering mendapatkan akses ke informasi kartu kredit mereka. Mengawasi transaksi keuangan atau informasi kartu kredit Anda setiap hari dapat membantu mengurangi tren yang tidak menguntungkan ini. Tangguhkan akun kartu kredit atau debit Anda jika Anda tidak akan menggunakannya untuk sementara waktu. Strategi ini membantu melindungi dari penggunaan yang tidak sah atas detail keuangan pribadi Anda.

Shredder diciptakan untuk suatu tujuan

Ada kalanya kita meminta salinan fisik dokumen seperti laporan keuangan, laporan transaksi, dokumen kartu kredit dan banyak lagi, dan kemudian ketika menjadi kurang berguna atau tidak relevan, kita membuangnya sembarangan di tempat sampah kita. Tentu saja, tujuan akhir dari dokumen kadaluarsa ini adalah truk sampah atau tempat pembuangan sampah. Penjahat berkeliaran di situs-situs sampah ini karena mereka tahu mereka dapat dengan mudah mendapatkan akses ke informasi sensitif di situs-situs tersebut. Itulah mengapa Anda membutuhkan penghancur kertas untuk menghancurkan dokumen dan dokumen lama Anda dengan aman. Dengan dokumen lama Anda tercabik-cabik, hampir tidak mungkin bagi penjahat untuk menyatukan dokumen Anda.

Pantau laporan keuangan Anda

Cara lain Anda dapat mencegah atau menangkap pencurian identitas lebih awal adalah dengan memantau laporan keuangan atau kartu kredit Anda dengan penuh semangat. Anda akan dapat menemukan tagihan yang tidak sah dengan mudah. Penjahat terkadang menagih kartu atau akun Anda dengan jumlah kecil yang dapat luput dari perhatian Anda. Mereka dapat menggunakannya dengan akun yang perlahan kosong atau melakukan aktivitas ilegal lainnya yang dapat membuat Anda mendapat masalah. Setelah Anda melihat sesuatu yang aneh, Anda diharapkan untuk melaporkan ke petugas akun Anda, yang kemudian akan memulai penyelidikan yang akan membantu mengungkap aktivitas yang tidak sah.

Amankan perangkat Anda dengan kata sandi yang kuat

Seperti yang kami katakan di paragraf pembuka artikel ini, teknologi telah memudahkan untuk mengatur kehidupan kita sehari-hari. Sebagian besar perangkat seluler dan gadget kami berisi banyak informasi keuangan dan pribadi yang sensitif. Itu sebabnya mereka menjadi sasaran empuk bagi peretas dan penjahat lainnya. Jika Anda menyimpan informasi pribadi yang sangat sensitif di gadget dan perangkat seluler Anda, maka Anda harus mengamankan gadget Anda dengan kata sandi kuat yang terdiri dari karakter alfanumerik. Kata sandi dengan hanya karakter alfa atau numerik dapat dengan mudah diretas. Itulah mengapa Anda memerlukan kombinasi kedua jenis karakter untuk mengamankan perangkat Anda dengan benar. Ini akan membantu mengurangi risiko Anda terpapar peretas serta penipu.

Kesimpulan

Pencurian identitas adalah ancaman yang akan datang selama kita terus membuat langkah besar di bidang sains dan teknologi. Tanggung jawab ada pada Anda untuk mengamankan identitas Anda karena tidak ada yang bisa melindungi Anda lebih baik dari diri Anda sendiri. Banyak orang telah kehilangan banyak uang karena pencurian identitas. Beberapa reputasi mereka hancur karena seseorang mencuri identitas mereka dan kemudian menggunakannya untuk menipu individu yang tidak menaruh curiga.

Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengamankan identitas Anda 100 persen setiap saat, Anda dapat mengambil langkah-langkah penting yang akan mempersulit orang yang tidak bermoral untuk mencuri identitas Anda. Tindakan keamanan tidak signifikan yang Anda lakukan bisa menjadi anugrah Anda ketika peretas mencoba mencuri identitas Anda.