7 Cara untuk Menjaga dan Melindungi Data Agar Tetap Aman

Menjaga data Anda tetap aman dan terlindungi bisa sangat sulit, karena ancaman yang berlimpah secara online. Terlepas dari ancaman pelanggaran data yang berlimpah secara online, banyak perusahaan blue-chip menggunakan data yang dikumpulkan dari pengunjung situs web mereka untuk memasarkan layanan mereka dan meningkatkan pengalaman mereka dengan lebih baik.

Peretas telah mengambil keuntungan dari celah yang ditinggalkan oleh para peselancar web yang tidak curiga secara online untuk membobol sistem mereka dan mencuri data sensitif untuk penggunaan jahat. Banyak orang memiliki informasi kartu kredit mereka dicuri dan akun mereka dihapus karena pelanggaran ini. Perusahaan telah kehilangan data penting karena pelanggaran ini dan rahasia bisnis mereka dicuri oleh saingan. Pertanyaan utama yang dihadapi adalah. Lalu bagaimana Anda bisa melindungi data Anda dan menjaganya tetap aman dan terlindungi?

Layanan Cloud

Salah satu cara terbaik untuk melindungi data Anda adalah dengan mencadangkan data Anda menggunakan layanan cloud. Sebagian besar layanan cloud memungkinkan pelanggan untuk menyimpan data penting mereka secara online, yang mereka akses dari jarak jauh di mana saja di dunia selama mereka memiliki akses ke fasilitas internet. Saat Anda menggunakan layanan berbasis cloud, Anda pasti dapat memulihkan data Anda dengan mudah bahkan ketika Anda kehilangannya di perangkat atau perangkat keras Anda atau diserang oleh peretas jahat.

Kunjungi hanya situs web tepercaya

Untuk lebih melindungi sistem Anda dari serangan dan menjaga data Anda, penting bagi Anda untuk hanya mengunjungi situs tepercaya. Bagaimana Anda mengetahui situs yang dapat Anda percayai? Cari tanda-tanda pemasangan sertifikat SSL. Situs web dengan pemasangan sertifikat SSL biasanya memiliki ikon HTTPS di bilah alamatnya. Https berarti Hyper Text Transfer Protocol Aman. Jadi, data sensitif apa pun yang Anda bagikan di situs biasanya dienkripsi. Data terenkripsi sulit untuk diretas dan dilindungi dari akses yang tidak sah.

Firewall

Firewall pada dasarnya membantu melindungi browser dan server Anda dari transmisi informasi dan data yang tidak sah. Ada aturan yang diikuti oleh firewall, yang membantu menghentikan program jahat dari menghubungkan atau mengakses server Anda atau server eksternal. Anda juga dapat menggunakan router bawaan untuk melindungi data Anda dan memastikan Anda tidak mengalami pelanggaran data apa pun.

Gunakan penggunaan kata sandi yang kuat

Kata sandi sangat penting dalam hal perlindungan dan keamanan data. Mereka membantu mencegah akses tidak sah ke data dan membantu melindunginya dari orang jahat. Namun, orang-orang licik ini semakin canggih dari hari ke hari.

Mereka menggunakan alat peretasan canggih yang memudahkan mereka untuk memecahkan kata sandi yang lemah atau kata sandi yang umum digunakan. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk menghindari penggunaan kata sandi yang umum digunakan seperti abcd, 1234, 4321 dan sejenisnya. Meskipun lebih mudah diingat, kata sandi yang lemah ini biasanya dapat diretas tanpa banyak masalah.

Cobalah untuk menggunakan penggunaan kata sandi alfanumerik, dengan kombinasi huruf besar dan kecil, termasuk karakter khusus. Kata sandi dengan semua atribut yang disebutkan di atas akan sangat sulit untuk dipecahkan. Cobalah untuk sering mengubahnya juga. Dengan begitu, Anda akan dapat meningkatkan tingkat keamanan Anda lebih tinggi.

Coba Aktifkan Otentikasi Dua Faktor

Otentikasi dua faktor dirancang untuk memberikan lapisan keamanan tambahan untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses informasi pribadi Anda. Biasanya memerlukan langkah verifikasi kedua untuk mengautentikasi pengguna lain agar mereka dapat mengakses akun mereka. Anda mungkin diminta untuk mendaftarkan nomor telepon Anda saat membuka akun Anda. Nomor telepon ini mungkin digunakan untuk mengautentikasi proses masuk yang mencurigakan.

Biasanya, Anda harus memasukkan kata sandi seperti biasa saat mencoba masuk ke akun Anda. Ketika situs tidak mengenali browser atau alamat IP Anda, pin atau kode mungkin dikirimkan ke nomor telepon Anda yang kemudian akan diminta untuk Anda masukkan untuk mendapatkan akses ke akun Anda. Sistem otentikasi dua faktor mempersulit pengguna yang tidak berwenang untuk mendapatkan akses ke informasi atau data Anda.

Hindari membuka email spam

Email spam adalah alat yang sangat berguna yang digunakan oleh peretas untuk memancing pengguna internet yang tidak curiga agar mengklik tautan berbahaya. Phishing bekerja sama dengan spam, dan digunakan untuk memancing pengguna mengunjungi situs palsu di mana mereka dapat mengambil kredensial login dan kata sandi mereka yang berharga. Beberapa situs palsu ini mungkin tampak sah tetapi akan meminta pengguna untuk memasukkan informasi kartu kredit mereka di tempat lain untuk memperoleh produk atau layanan.

Setelah Anda memasukkan informasi kartu atau kredensial login, akun Anda kemudian diretas dan uang Anda dihapus atau informasi pribadi dicuri. Untuk melindungi dari serangan semacam ini, selalu pastikan Anda hanya membaca email dari situs atau individu tepercaya.

Singkirkan data lama Anda

Ada kalanya informasi atau data tertentu menjadi usang. Kami biasanya membiarkannya disimpan di hard drive lama atau perangkat penyimpanan lain yang jarang kami gunakan. Meskipun langkah-langkah ini mungkin tampak bijaksana di pihak kami, sering kali, peretas atau orang jahat menggunakan informasi lama untuk mengumpulkan informasi intelijen tentang bisnis atau aktivitas kita sehari-hari.

Informasi yang didapat dapat memudahkan peretas untuk membobol keamanan Anda dan mencuri informasi berharga Anda. Cobalah untuk memastikan bahwa Anda menghapus dan menghancurkan hard drive yang digunakan untuk menyimpan informasi lama. Mungkin tidak cukup hanya dengan menghapus data lama Anda; Anda mungkin juga perlu menghancurkan hard drive, terutama jika Anda tidak akan membutuhkannya dalam waktu dekat.

Kesimpulan

Ada banyak tindakan lain yang dapat Anda gunakan untuk melindungi data dan informasi pribadi Anda dengan lebih baik. Yang disebutkan di atas adalah tindakan yang umum digunakan yang dapat Anda terapkan untuk melindungi data dan informasi Anda dari penggunaan yang tidak sah. Mereka mudah diterapkan dan tidak akan menghabiskan banyak biaya dalam hal sumber daya. Pelanggaran data menjadi lebih merajalela akhir-akhir ini, karena langkah besar yang dilakukan oleh orang atau peretas jahat ini untuk membahayakan keamanan data kami. Kita harus berusaha mengikuti ancaman-ancaman ini, sehingga mereka tidak mendapat kesempatan untuk merusak bisnis dan integritas kita.